BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 03 Maret 2009

Tugas ZZ 1, artikel tentang menulis: Menulis adalah Karya

Menulis adalah sebuah kreasi menorehkan ide, gagasan, suasana hati, dan pikiran-pikiran yang penuh dengan imajinasi di atas sebuah kertas. Aktifitas ini sangat memerlukan keseimbangan kinerja antara otak kiri dan otak kanan sebagai kesatuan aplikasi khusus dalam menulis. Ketekunan, ulet, dan pantang menyerah merupakan penunjangnya.

Menulis akan terasa menyenangkan apabila sejalan dengan apa yang ada di pikiran. Tidak perlu takut akan salah atau merasa tulisan itu jelek dan tidak pantas dibaca orang lain. Sebab, hal itu justru akan melemahkan keinginan kita untuk menulis. Berpikirlah bahwa semua tulisan kita adalah buah karya terbesar yang tidak dapat dimiliki semua orang. Sehingga, kita akan termotivasi untuk selalu gemar menulis.

Jika kita memiliki bakat atau hobi menulis, alangkah baiknya jika dikembangkan melalui banyak hal. Bisa dengan mengirim tulisan itu ke sebuah penerbit, mengikuti program pembelajaran jurnalistik atau semacamnya. Memperbanyak membaca karya-karya orang lain pun akan semakin mengasah kemampuan berpikir. Bahkan tidak sekedar membaca, kita juga dapat mengamati, dan menilai karya itu. Dari segi bahasa, cara penyampaian, karakteristik penulis dalam tulisannya, dan masih banyak lagi. Dengan demikian, kita akan tahu antara penulis satu dengan yang lain ternyata memiliki gaya bahasa unik dan berbeda-beda yang mampu menghipnotis pembaca agar merasa enjoy dan tertarik dengan buah tangannya.

Menulis adalah karya. Teruslah berlatih menulis. Don't be affraid to make mistake. Jangan takut membuat kesalahan. Torehkan karya-karya dahsyat yang masih terpendam. Tampakkan lukisan imajinasi itu di atas putih, dan biarkanlah semua orang membaca dan mengambil manfaat darinya. Di dunia ini setiap manusia telah dikaruniai kepandaian oleh Tuhan. Akan tetapi, kepandaian itu hanya akan tumbuh, mekar, dan bahkan berbuah pada diri seseorang yang selalu berdo'a, belajar, belajar, dan terus belajar.

1 komentar:

Prawoto R. Sujadi mengatakan...

Terima kasih Maya, akhirnya tugasmu selesai juga. Tentu dengan pengorbana waktu dan tenaga. Pak Pra tau itu. Ok. Karena itu tugas pertama, mungkin perlu di ingat-ingat supaya pada tugas selanjutnuya tidak terjadi lagi kesalahn kecil yang bisa merusak cantiknya tulisanmu.

1. Pada tulisan judul, saya sepakat setlah ZZ 1 diberi tanda titik 2, jadi begini hasilnya Tugas ZZ 1: ....... Kemudian cara menulis judul Huruf awalnya harus besar.

2. Saya tidak ingin kamu sama dengan anak ZZ lainnya. PAda saat mengawali tulisan selalu menggunkan adalah. Jangan dan urungkan niatmu untuk itu.

Itu saja Maya, Ok. Tulisan pertamammu aku kasih nilai istimewa. Great buat kamu Maya. Paragaraf runtut, isinya enak dibaca. Menyenangkan dan mengalis.

Selamat. Terus berkarya. Saya tunggu tulisanmu selanjutnya.