BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 04 Maret 2009

Tugas 2 ZZ : Pengalaman Pertama Menulis

Pengalaman pertama saya menulis adalah ketika saya masih duduk di bangku SD. Waktu itu ada lomba beberapa bidang studi, seperti Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan IPA yang akan diikuti oleh pelajar tingkat sekolah dasar. Dari keputusan para guru SD, saya mendapat bagian mengikuti lomba bidang studi Bahasa Indonesia. Dalam lomba tersebut, setelah melalui tes tulis pertama berupa pilihan ganda, selanjutnya tes kedua berupa mengarang sebuah fabel, yaitu cerita tentang binatang. Saya masih sedikit ingat, waktu itu saya menulis fabel tentang seekor gajah dan semut. Menurut saya pribadi, karangan yang saya buat itu tidak begitu menarik, tapi saya sangat senang dan enjoy ketika menulis cerita itu. Mungkin dari rasa senang dan enjoy ini yang mengantarkan saya mendapat nilai tertinggi sementara tingkat kec. Bojonegoro dan akhirnya saya harus mengikuti bimbingan mengarang bersama empat siswa yang memliki tertinggi di bawah nilai saya dan sekaligus penyeleksian untuk dijadikan pemenang yang akan mewakili ke tingkat selanjutnya.

Setiap seminggu sekali saya harus mengikuti bimbingan. Lama - kelamaan saya merasa jenuh karena terus berpikir membuat karya fabel tiap minggunya. Akhirnya, saya tereliminasi. Mulai saat itu saya tidak suka mengarang dengan paksaan orang lain. Hingga suatu hari saya termotivasi untuk menulis lagi yaitu pada waktu saya duduk di bangku SMA ini. Motivasi itu muncul kembali ketika saya membaca beberapa karya sastra, seperti karya Habiburrachman El-Shirazy yang telah meraih sebutan "Best Seller". Apalagi ketika saya melihat dan membaca kisah orang-orang sukses terutama penulis, semua itu membuat saya tertarik untuk mengikuti jejak mereka. Saya tidak bisa membayangkakn sebesar apa rasa bangga dan bahagia ketika sebuah karya kita dibaca, dinilai, atau bahkan bermanfaat bagi kehidupan orang lain. Dari situlah saya termotivasi kembali untuk menulis. Saya harus yakin, bahwa suatu hari nanti saya dapat menulis sebuah karya yang hebat dan bermanfaat bagi semua orang dan saya sendiri khususnya.

1 komentar:

Prawoto R. Sujadi mengatakan...

Maya, untuk tigas pertama dan kedua memnag berdekatan, Jadi jika ada kesalahan yang sama aku anggap wajar.

Sekali lagi, biar beda dengan yang lain. Jangan gunakan adalah pada awal paragraf. Biar tulisanmu tambah manis, kayak orangnya. Hehehe.

Untuk judul, tidak mesti harus dibaut sepoerti itu. Tau kalo pengalaman pertama menulis, buat judaul lainya. Biar orang tertarik dari tulisnmu. Apa yang manrik dari tulisanmu itu. Ok.

Pujianku sama seperti tulisanmu sebelumnya. Bagus. Mengalir, hanya perlu di benahi pada tanda bacany yang masih salah. tanda hubung untuk kata ulang.

Ok Maya, saya tunggu tugas selanjutnya. Teruslah belajar, rajinlah dan sellu fokus, fokus dan fokus.

Warm Regrdas
Dari Gurumu

Mr. Prauw